Selain Batu Bata, Ini 3 Jenis Partisi Interior Lainnya

jenis partisi interior

Jenis Partisi– Tahukah Anda bahwa ternyata partisi interior dapat membantu Anda untuk mengatur ruang dan bahkan mengatur area tertentu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sehingga keinginan Anda untuk memiliki partisi yang nyaman, modern, dan sesuai akan dipenuhi dengan banyak pilihan bahan untuk produksinya.

Secara umum, semua partisi interior dibagi menjadi dua kelompok yaitu partisi interior yang dirakit dan berbasis bingkai. Kelompok pertama meliputi partisi yang terbuat dari bahan bangunan seperti partisi kaca, batu bata, papan, balok.

Untuk kelompok partisi yang kedua, biasanya merujuk partisi yang dibangun di atas dasar bingkai, tempat material yang dipilih seperti jenis partisi interior kayu lapis, drywall, dll.

Bahan yang paling umum untuk jenis partisi adalah batu bata, karena partisi ini terkenal dengan kekuatannya, sehingga jenis partisi ini dapat menampung banyak rak, lemari dinding dan lukisan.

Namun, sayanganya Anda harus mempertimbangkan banyak hal seperti: menghabiskan banyak waktu untuk memplester partisi yang terbuat dari batu bata, karena batu bata standar beratnya sekitar 3,6 kg dan per meter bata Anda dapat membuang waktu hingga 60 unit batu bata.

Beban di lantai akan menjadi sekitar 250 kilo, jadi tidak disarankan untuk memasang dinding bata di bangunan tua. Karena itu, batu bata untuk partisi interior jarang digunakan dan berikut di bawah ini adalah

3 Jenis Partisi Interior yang Sering Digunakan

jenis partisi
1. Partisi interior kayu

Partisi interior kayu biasanya digunakan oleh seseorang yang suka mengelilingi diri mereka dengan bahan-bahan alami contohnya kayu dan bisa juga dilapisi ileh bingkai logam oleh papan atau kayu lapis, bahkan pengunaan balok juga bisa digunakan untuk memperindah estetika ruangan interior.

Secara umum, konstruksi dibuat tahan lama dan ramah lingkungan. Tapi isolasi suara partisi seperti itu tidak pada tingkat tertinggi dan kebutuhan untuk suhu dan kelembaban tertentu untuk pengawetan kayu yang lama membuat bahan ini cocok tidak untuk semua orang.

Selain itu perlu Anda ketahui partisi interior yang terbuat dari kayu dapat menahan pemuatan dari 100 hingga 135 kg / m2, cocok untuk bangunan biasa. Ingat bahwa bahan kayu mudah terbakar, sehingga kabel listrik, yang akan dipasang di bawah partisi harus diisolasi.

2. Drywall

Drywall ternyata sering kali digunakan ke garis bahan untuk dekorasi dan konstruksi ruang dan rangka logam juga sering digunakan dari kedua sisinya yang nantinya akan dipasang papan drywall.

Jenis partisi ini sangat ringan dan tahan api, partisi drywall juga sangat halus dan seringkali tidak memerlukan pemrosesan tambahan. Namun ada beberapa kelemahan dari bahan ini, seperti ketahanan kelembaban yang buruk, kerapuhan, ketidakmampuan untuk memegang benda berat.
Di sisi lain, fleksibilitas material memungkinkan kita menghasilkan bentuk, kurva, dan konstruksi tiga dimensi yang bervariasi dan beragam.

3. Dinding interior kaca

Dinding dari jenis partisi kaca seringkali digunakan di kantor-kantor yang membuat cahaya dan transparansi tidak hanya meningkatkan ruangan secara visual tetapi juga menambah suasana cahaya.

Sebagai bahan kaca digunakan adalah jenis kaca dikeraskan yaitu kaca tempered dengan ketebalan 12 mm dalam konfigurasi yang berbeda – transparan, buram, berwarna, bermotif, dengan lukisan, dengan kata lain untuk setiap selera dan partisi kaca dipasang pada bingkai aluminium.

Pada pandangan pertama tampaknya Anda tidak akan dapat menggantung apa pun di partisi ini, akan tetapi jasa interior seperti Arskal Interior Design dapat membuat partisi kaca dapat memasang kabel dan soket serta sakelar

Sebelum memasang partisi kaca Anda juga harus memperhatikan banyak hal seperti ukuran ruangan, desain partisi kaca, serta dekorasi lainnya yang dapat memperindah ruangan Anda.

Pada intinya adalah pemilihan bahan untuk pembangunan partisi tentu saja merupakan hal yang sangat penting. Parameter ini tergantung pada preferensi pribadi, keseluruhan desain dan fungsi yang harus dilakukan oleh masing-masing jenis partisi.

Dengan mempertimbangkan semua kebutuhan, bahan akan membuat partisi interior yang nantinya sesuai pesanan Anda akan sesuai dengan keinginan Anda dan pada akhirnya bisa memberikan ekstetika ruangan yang lebih indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *