Apa Itu GMAT ? Kenapa Diperlukan Untuk Studi Keluar Negeri?

apa itu gmat

Apa Itu GMAT – Jika Anda ingin melanjutkan studi pascasarjana di luar negeri, terutama di beberapa negara maju seperti amerika, inggris, jepang dan australia maka diwajibkan melampirkan skor GMAT sebagai berkas pendaftaran.

Lalu apa itu GMAT sampai begitu pentingnya menjadi salah satu syarat pendaftaran bagi mereka yang mau kuliah master dan doktoral di luar negeri, terutama pada bidang ekonomi, adminitrasi bisnis dan akuntansi keuangan.

Apa itu GMAT?

GMAT adalah singkatan dari Graduate Management Administration Test yang berarti merupakan tes standar administrasi manajerial bagi mahasiswa jenjang master dan doktoral. Karena disebut tes standar administrasi manajemen manajerial, maka bisa ditebak bahwa isi test GMAT adalah seputar menguji kemampuan mahasiswa apakah siap untuk mengikuti perkuliahan di jenjang pascasarjana.

Apa itu GMAT dalam prosedur pendaftaran kuliah master dan doktoral di luar negeri sebenarnya sama halnya dengan test psikologi atau tes potensi akademik bagi yang melanjutkan s2 dan s3 di dalam negeri.

Jika anda mempunyai teman teman yang melanjutkan studi di universitas universitas besar di Indonesia, misalnya seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia ataupun Institut Teknologi Bandung maka bisa dipastikan teman anda juga melewati tes potensi akademik atau tes psikologi.

Apa Perbedaan Test GMAT dan Tes Psikologi Potensi Akademik?

test gmat

Perbedaan utamanya hanyalah GMAT menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris sementara tes psikologi potensi akademik dalam negeri menggunakan bahasa Indonesia. Jadi bagi anda yang ingin mengikuti tes GMAT pastikan bahwa bahasa inggris anda tidak pas pasan karena akan sangat kesulitan dalam mengerjakan soal.

Perbedaan selanjutnya adalah kurikulum GMAT menggunkan standar kurikulum internasional standar Cambridge, sehingga tes tes yang diujikan biasanya jauh lebih sulit dibandingkan dengan tes psikologi potensi akademik universitas di Indonesia.

Baca Juga: Jenis Partisi Interior

Selebihnya tes GMAT dengan tes potensi akademik psikologi memiliki kemiripan dalam desain soal, seperti adanya tes logika matematika, tes logika wawasan umum, sementara di GMAT ada juga tambahan berupa tes unjuk kemampuan dalam bidang analisis masalah masalah ekonomi keuangan dan juga bisnis.

Bagaimana Mempersiapkan Ujian GMAT?

GMAT termasuk ke dalam tes tes bahasa inggris internasional yang membutuhkan persiapan dengan matang. Jika anda sebelumnya pernah menjajal tes GRE, SAT ataupun IGCSE, maka usaha yang anda berikan untuk mendapat skor GMAT yang tinggi harus sama dengan ketika anda menjajal tes tes tersebut.

Mengerjakan tes GMAT setidak-tidaknya anda harus bagus bahasa inggris, mempunyai kemampuan logika matematika yang kuat, analisis bisnis dan masalah ekonomi, serta hal hal perhitungan mendasar yang cukup kuat misalnya aritmatika sosial, akuntansi, matematika ekonomi dan perhitungan materimatika dasar seperti logaritma dan lain-lain.

Mengapa GMAT Diperlukan Untuk Kuliah Keluar Negeri?

Apa perbedaan antara GMAT dengan GRE, bukannya keduanya sama sama untuk syarat kuliah pascasarjana di luar negeri? Yapz betul sekali, kedua tes ini (baik GMAT ataupun GRE) biasanya akan diminta sebagai syarat kelengkapan berkas untuk sekolah master dan doktoral ke luar negeri.

GRE yang merupakan singkatan dari Graduate Record Examination adalah tes standar pascasarjana yang biasanya diminta oleh mayoritas universitas dengan berbagai jurusan. Sementara untuk GMAT, sesuai dengan namanya Graduate Management Administration Test dikhususkan untuk pelamar yang akan mengambil program studi bisnis, ekonomi, administrasi, keuangan dan akuntansi.

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan sebuah program studi akan meminta dua hasil test GRE dan GMAT, Jadi semua kembali kepada anda untuk lebih jeli dan lebih detail dalam menanyakan atau membaca berbagai persyaratan yang di minta oleh kampus tujuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *